Jamaah Haji Tertua Berasal dari Lombok

172
views
Baiq Mariah jemaah tertua asal NTB (Foto: Triono Wahyu/detikcom)

Ada hal yang menarik di media Arab Saudi tentang haji. Wajah Mariah Margani Muhammad atau Baiq Mariah, jemaah berusia 104 tahun asal Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dipampang besar-besar.

Koran Al Yaum, yang berbasis di Dammam, 400 kilometer dari ibu kota Arab Saudi, Riyadh, menampilkan wajah Baiq dalam berbagai pose, Minggu (27/8/2017). Mulai saat Baiq masuk terminal Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, masuk imigrasi, hingga pemberian karangan bunga.

Foto Baiq Mariah di media AL Yaum, Arab Saudi. (Triono Wahyu/detikcom)

Dalam keterangan foto disebutkan Baiq Mariah, jemaah tertua asal Indonesia, telah tiba di Jeddah. Baiq mengaku senang mendapatkan kemudahan di bandara dan imigrasi. Perlakuan untuk jemaah lansia dinilai sangat baik.

Media Saudi telah memberitakan Baiq Mariah sejak 1-2 minggu yang lalu. Laporan tersebut bersumber dari Konsul Jenderal RI Jeddah M Hery Saripudin dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Disebutkan bahwa di antara ratusan ribu jemaah Indonesia, salah satunya berusia 104 tahun.

Koran Saudi lainnya, Okaz, juga menampilkan foto Baiq. Hanya dituliskan ‘jemaah tertua asal Indonesia telah tiba di Arab Saudi’.
Baiq tiba di Bandara Jeddah pada Sabtu (26/8/2017) sekitar pukul 21.50 waktu Arab Saudi. Meski menempuh perjalanan 12 jam, perempuan 3 anak dan 16 cucu itu tidak tampak kepayahan. Dia mengaku senang bisa berhaji dan menikmati perjalanan Jakarta-Jeddah.

Foto Baiq Mariah di koran Okaz, Arab Saudi. Foto: Triono Wahyu/detikcom

Di bandara, Baiq disambut Konjen RI Jeddah M Hery Saripudin, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali, dan Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat. Dia sempat bingung dan tak menyangka mendapatkan sambutan luar biasa setiba di Tanah Suci.

Bagi media Saudi, haji di usia senja termasuk istimewa. Di luar faktor kemampuan finansial dan ‘panggilan’ dari Allah, ibadah haji membutuhkan fisik yang kuat. Dan fisik kuat merujuk pada usia muda. Sedangkan di sisi lain, Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia mengirimkan jemaah haji yang lebih dari 90 persen di antaranya lanjut usia.

Saat ini, lebih dari 203 ribu jemaah haji Indonesia telah berada di Mekah. Mereka bersiap mengikuti prosesi wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah atau Kamis, 31 Agustus 2017. Prosesi haji akan berlangsung hingga Senin, 4 September 2017.

(try/idh)

Foto Baiq Mariah di koran Okaz, Arab Saudi. Foto: Triono Wahyu/detikcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here