Jumlah Jamaah Haji Terbanyak Dari Indonesia

654
views

Bisnis.com, JAKARTA -Jamaah haji Indonesia diminta agar mematuhi aturan pemerintah Arab Saudi dan Indonesia, terutama saat lempar Jumrah, karena tahun ini jumlah jamaah dari seluruh dunia yang terbanyak, mencapai 2,1 juta orang.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan tahun ini merupakan tahun terbanyak jumlah jamaah haji dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia, yang total mencapai lebih dari 2,1 juta orang.

“Untuk jemaah Indonesia tetaplah berdisiplin dan selalu berkoordinasi dengan petugas, mematuhi ketentuan yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia,” katanya dalam laman resmi Kementerian Agama, Senin (21/8/2017).

Dia selaku Amirul Haj menyampaikan pesan tersebut kepada para jamaah haji setibanya di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jedah, Minggu (20/8/2017) malam. Dia tiba di Arab Saudi bersama Naib dan anggota Amirul Haj 2017.

Lukman mengingatkan agar jamaah haji Indonesia jika bepergian selalu dalam kelompok, jangan sendiri-sendiri, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan memudahkan koordinasi dengan petugas.

Muslim pilgrims pray on a rocky hill called the Mountain of Mercy, on the Plain of Arafat near Mecca, Saudi Arabia, Saturday, Nov. 5, 2011. The annual Islamic pilgrimage draws 2.5 million visitors each year, making it the largest yearly gathering of people in the world. (AP Photo/Hassan Ammar)

Kehati-hatian itu penting, lanjutnya, mengingat tahun ini jamaah haji dari seluruh dunia yang ada di Makah, termasuk dari Indonesia, jumlahnya mencapai sekitar 2,1 orang dan suhu udara di Makah cukup panas mencapai 48-50 derajat celcius.

“Jemaah harus menjaga kesehatan, dengan pola hidup sehat. Karena suhu udara di sana sekitar 48 derajat celcius dan estimasinya bisa naik sampai 50 derajat. Sehingga perbanyak minum air mineral,” ujarnya.