Persyaratan Dokumen

598
views

1. PASPOR

Paspor adalah dokumen yang wajib dibawa oleh seseorang sebagai tanda pengenal bila ingin pergi ke luar negeri dengan berbagai keperluan, termasuk di antaranya adalah keperluan ibadah umroh.

Kelengkapan dokumen paspor ini akan diperiksa di bandara, baik bandara keberangkatan maupun bandara tujuan.

2. SERTIFIKAT VAKSIN MENINGITIS & VAKSIN COVID-19

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan bagi semua calon jamaah haji dan umroh untuk melakukan imunisasi / vaksinasi meningitis agar terhindar dari penyakit radang selaput otak (meningitis). Setelah memperoleh vaksinasi meningitis meningokokus, calon jamaah diberikan Sertifikat Vaksin Meningitis sebagai syarat memperoleh visa.

Pemerintah Arab Saudi juga mewajibkan setiap jamaah haji dan umroh telah mendapatkan dosis lengkap vaksin Covid-19. Setiap jamaah wajib memiliki Sertifikat Vaksin Covid-19 yang dapat didownload dari aplikasi PeduliLindungi.

3. VISA

Visa merupakan izin resmi untuk memasuki suatu negara, yang memuat aturan seperti batas waktu kunjungan dan jenis keperluannya.

Sedangkan visa umroh adalah izin untuk memasuki Tanah Suci khusus untuk keperluan ibadah umroh, yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Arab Saudi.

4. SURAT MAHRAM

Surat mahram adalah persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh calon jamaah wanita yang berusia di bawah 45 tahun dan tidak didampingi oleh suami maupun mahramnya ketika berangkat umroh atau haji.

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan bahwa calon jamaah wanita harus ditemani oleh suami ataupun mahramnya sesuai ketentuan Islam. Sehingga bila tidak ada keduanya, wanita tersebut harus membuat surat keterangan mahram.