Ibadah Umrah Kembali Dibuka untuk Jamaah Indonesia, Begini Tahapan Persiapannya

178
views

JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi telah membuka ibadah umrah bagi jamaah Indonesia pada bulan Desember 2021 nanti. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama ( Kemenag ) telah menyusun persiapan penyelenggaraan umrah di tengah Pandemi Covid-19.

Sejumlah proses persiapan yang dilakukan Kemenag dibagi menjadi tiga bagian yakni, sebelum berangkat; saat di Arab Saudi; serta saat kepulangan. Jamaah harus dipastikan sehat dari sebelum berangkat hingga tiba kembali di Tanah Air.

Pada rencana proses keberangkatan, jamaah akan diterbangkan secara terpadu dalam satu pesawat yang diisi penuh khusus oleh jamaah umrah. Kemenag juga telah merancang pengaturan kuota pemberangkatan jamaah per minggu. Jamaah yang akan berangkat harus dilaporkan ke Kemenag melalui sistem aplikasi terlebih dahulu.

Kemudian, pada proses penanganan sebelum berangkat, calon jamaah umrah akan dikonsentrasikan di Asrama Haji Pondok Gede. Jamaah nantinya akan dilakukan screening kesehatan terlebih dahulu yang meliputi pemeriksaan kesehatan; real time PCR; serta pemindaian sertifikat vaksin Covid-19.

Clearance jamaah juga akan dilakukan oleh imigrasi dan KKP di Terminal I Bandara Soekarno-Hatta.

Selanjutnya, untuk proses saat ibadah umrah di Arab Saudi, QR Code jamaah akan dicetak di kartu umrah. QR Code sertifikat vaksin juga wajib dapat dibuka oleh otoritas Arab Saudi dipindai oleh aplikasi. Protokol kesehatan (Prokes) selama umrah akan mengikuti regulasi Arab Saudi.

Sementara persiapan penanganan pada saat kepulangan yakni, jamaah akan dilakukan tes swab PCR terlebih dahulu di Arab Saudi. Jamaah juga akan kembali di swab PCR setibanya di Bandara Soekarno-Hatta. Jamaah juga akan dikarantina sesuai ketentuan dengan tempat karantina.

Terakhir, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) akan memilihkan hotel atau wisma untuk jemaah yang telah ditentukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. (Sindonews.com)