Arab Saudi Izinkan Indonesia Berangkatkan Umrah

174
views

Kerajaan Saudi Arabia telah memberikan lampu hijau mengizinkan jamaah umrah dari Indonesia untuk umrah ke Tanah Suci. Tetapi, pemerintah saat ini ingin fokus menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terlebih dahulu.

Hal tersebut seperti diungkapkan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah Indonesia menyambut baik kebijakan Saudi yang telah memberikan lampu hijau terkait umrah.

Namun demikian, pemerintah saat ini masih ingin konsentrasi terlebih dahulu terhadap pengendalian kasus Covid-19 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Baru setelahnya pemerintah akan memikirkan lagi terkait umrah.

“Pemerintah konsentrasi Nataru dulu, mudah-mudahan Nataru bisa dikendalikan lebih baik, baru setelah itu kita akan melihat kapan kita akan mebuka kegiatan umrah,” ujarnya saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Airlangga berujar saat ini dunia sedang dikhawatirkan dengan ancaman varian baru Covid-19 Omicron. Hal itu yang membuat pemerintah memperpanjang durasi karantina bagi pelaku perjalanan internasional menjadi 10 hari.

Karena itu, terkait dengan rencana pembukaan umrah, pemerintah masih terus memonitor perkembangan Covid-19 di tingkat global. “Dan ini menjadi pertimbangan saat membuka,” jelas Airlangga.

Sumber: IDXChannel